Rabu, 30 November 2011

Sejarah Panjang IFY & IFC

Hai temen-temen Ify Club semuaaa :)
Ada yang masih mau baca cerita-ceritanya admin gak? hahaha...

Ify Club

Kali ini kita mau cerita tentang sejarah panjang Ify Club. Pasti banyak yang belum tau kan gimana sampe terbentuk kayak sekarang? Oke, Cerita ini hasil memori beberapa anak IFC yang telah mengikuti Ify sejak di Idola Cilik dulu (jadi maaf kalau terdengar seperti curhatan, wkwk.. )
Jadi cerita di mulai darii... dari mana yah? --a wkwkwk... Cerita ini emang agak panjang dan berbelit-belit -___- tapi yah, begitulah adanya... Oke, kita mulai dari perjalanan Ify ketika baru berlabel Idola Cilik yaa.. Siapkan cemilan, minuman dan bantal, karena cerita kita ini akan sangat panjang sodara-sodara, hahaha...

Dulu, saat ify baru masuk Idola Cilik awal tahun 2008 dulu, mungkin yang namanya para Idola Cilik Lovers (ICL) di dunia maya belom sebanyak, separah, senarsis sekarang keeksisan anak-anaknya. Karena apa? Dulu tuh rata-rata jamannya anak-anak msh maen Friendster. Facebook ada sih udah, tapi belum ky skrg. Anak-anak IC 1 dulu mayoritas masih pake friendster. Termasuk Ify tentunya. Jadi komunitas ICL nyari info dan kumpul-kumpulnya masih sebatas di forum-forum terbuka, di blog-blog ngebacot di chatbox orang, atau ya tadi, di Friendster. Belum ada tuh website2 khusus Icil sebangsa idolaciliklovers.ning dkk yang skrg sudah pada tewas itu (?) hehehe... :p Dan sampai berakhirnya IC 1 di pertengahan 2008, bisa admin bilang fans Ify itu banyak tapi sedikit (?) haha.. Ya, mungkin di dunia nyata banyak, tapi yang eksis di dunia maya belum terlalu keliatan. Karena yah, kembali ky tadi, komunitas ICL pun belum terlalu terlihat. Tapi kalo nengok  di friendster dia, cukup banyak fans yang ngeadd dia dan menyapanya disana. Sampe-sampe Ify punya 2 friendster lho hahaha..

Oke, berlanjut terus pasca kelarnya IC1 dan berlanjut ke IC2 di akhir 2008. Nah, mulai saat ini udah bermunculan yang namanya website2 yang khusus ngumpulin anak-anak ICL. ICL.ning sendiri kalo gak salah inget itu dibuat sekitar audisi IC2 berlangsung. Sekitar bulan September 2008 gitu lah... Setelah itu baru bermunculan website komunitas di ning2 lainnya..

Oke kembali lagi ke IFC. Dulu nama komunitas fans ify masih cukup simpang siur. Ada yang menamakan Ify fans club, ify lovers, ifylova, dan ify2 lainnya.. Tapi mungkin nama yang sering digunakan IFC, entahlah kepanjangannya Ify fans Club atau Ify Club, yang penting IFC, haha.... Yah, namanya juga gak ada admin resmi pasti yang ngurus, hanya para fans yang masing-masing berinisiatif mengumpulkan massa (?) hahaha.... Ya, Ify emang sejak dulu kemunculannya, kalo penulis pribadi pandang sebagai seorang idola yang mandiri. Ada atau tanpa adanya admin, ify tetap akan ada untuk fansnya. Dia mampu berdiri secara mandiri tanpa ketergantungan. Mandiri disini dalam artian adalah, dia terbiasa mengurus para fans-fansnya sendiri. Liat saja dari dulu, mulai dari upload-upload video ke Youtube, menyapa fans2nya melalui akun pribadi dia atau FP, sampai bikin Blog untuk menceritakan segala hal tentang dia, semua dia lakukan sendiri. (admin dulu sering lho hampir tiap hari ke blog ify cuma buat ngobrol2 dg ify di chatbox dia yang sepi itu -_- wkwkwk).

Tapi bukan berarti ify gak ngehargain apa yang dibuat para fansnya. Dan dia sangat senang saat di awal/pertengahan tahun 2009 ada fans2 dia yang membuatkan sebuah website khusus IFC (namanya ifyfansclub atau ifyclub.ning kalo gak salah dulu). Dia join lho ke website ini. Dan  bersamaan dengan itu, di Facebook, ada sebuah Fanspage yang dibuat juga khusus untuk IFC (yang ini sampai sekarang masih ada). Dan semua 'tempat ngumpul' IFC itu ify terlibat di dalamnya. Bahkan seperti yang teman-teman tau, Fanpage IFy Club di FB itu  dari awal dibuatnya sampai sekarang terus update diurus Ify sendiri bersama Mama Gina, dan juga Ghina Mercy (anak IFC, admin awal pembuat FP dan website ifc di ning).

Nah, di website ifc di ning lah dulu, pada saat itu dibuat segala hal mengenai IFC. Saat itu, website itu diurus admin ada Ghina mercy, Fyra, vitha dkk ini yang kemudian ngumpulin para fans ify disana. Dan mereka mengadakan vote disana untuk nama fansclub sampai akhirnya terpilih nama Ify Club dan disetujui oleh ifynya langsung. Nama ini resmi kalo gak salah ingat tgl 8 Juli 2009. Untuk logo Ify Club dan semboyannya "we're still together" kemudian dibuat oleh ghina mercy dan dipake sampe sekarang :). Oke sampe disini, cerita kita sampe tahun berapa baru? .__. hehehe..

Nah itu baru sampai tahun 2009 ya. Dan jujur, sampai ditahun itu keadaan komunitas IFC masih cukup sepi, gak serame sekarang eksisnya. Gak terlalu keliatan fanatiknya di komunitas mungkin yah? Kalo secara individual tetep, kalo dulu pada nyerbu FS, saat itu udah jamannya FB, fans ify banyak juga lho, sampe FB ify itu dulu ada 2 atau 3 gitu, dan semua full -__- haha.... (tapi FB-FB itu udah kena hack, dan skrg cuma ada 1 FB asli Ify  yg bisa di add fans2nya). Lagian, kalo admin dulu sih liatnya fans2 Ify itu orangnya kalem-kalem, gak pernah nyari masalah sama FC lain. Sangat bersahabat lah :) Makanya juga, Ify dulu itu walau fans gak terlalu banyak, tapi syukurnya gak punya haters juga, walau mulai jaman IC2 itu sebenarnya virus haters mulai marak. Yap, Haters. Sesuatu yang saat IC1 belum ada bermunculan (andai ada masih bisa dihitung pake jari). Tp saat IC2? Haters mulai menjamur. Termasuk IfyHaters sepertinya. Sudah ada beberapa muncul 2-3 orang suka nyari sensasi di FP IFC di FB disaat dulu sempet booming BCCC. Ada yang gak tau BCCC? Itu adalah Barisan Cewe Cewe Cantik, semacam genknya anak-anak cewe IC1, anggotanya ya anak-anak Icil Diva itu, hahaha... Gank seru2an aja sih sepertinya, tapi ternyata ada juga yang sirikin... Tapi walau ada haters, toh karena ketenangan ify menghadapi hatersnya, akhirnya ngebela ify cukup banyak, dan alhamdulillah IFC terus bertambah datang untuk mendukung Ify :)

Oke lanjut lagi. Saat IC 2 (2009) ini kan di website ning lagi musim-musimnya anak-anak bikin yang namanya FanFict (FF) alias cerita yang nama tokohnya anak-anak Icil. Nama tokoh, terlebih lagi peran utama, dengan nama ify itu awalnya masih agak jarang lho saat itu. Ini bisa dibilang berarti saat itu Ify belum terlalu banyak digemari para anak-anak komunitas ICL. Tapi bukan berarti fans ify mati. Gak. Masih kalah pamor aja mungkin di site ICL. Fans-fans ify masih ada walau tak terlalu terdengar suara dan aksinya.. Tapi FF icil itu menimbulkan trend "couple anak icil" dikalangan ICL. Sebut saja Siviel, O2, Caik, dsb. Semua terus berlanjut, dan Ify juga kena efek demam couple ini juga. Yah mulai keluar couple ify ala ICL seperti ify-septian, Ify-debo, iFy-iel, dsb. Yah, demam FF ini bisa admin bilang sih sebagai faktor yang cukup besar sbg 'pengangkat nama' anak-anak icil ini dan akhirnya menambah fans-fansnya. Begitu juga Ify sepertinya. Fans dia mulai bermunculan dan semakin bertambah rupanya.

Dan sampai akhirnya sampai di IC3. Idola anak-anak ICL semakin bertambah nih dengan tambahan 14 anak kece lainnya.  Dan trend "couple" tadi semakin marak. Dengan ify sendiri, muncul couple baru, sebut saja Rify (Rio-ify), Alfy (alvin Ify), Rafy (Ray-Ify) dll melengkapi couple2 terdahulu yang sudah pernah muncul. Dan seperti admin bilang tadi, couple ini akhirnya mampu membuat fans-fans anak icil ini meningkat drastis. Bahkan, saat IC3, ify sangat sering jadi pemeran utama di setiap FF yang dibuat anak2 ICL. Padahal saat belum ada IC3 ify gak terlalu dipake kan? Teori trend Couple mempengaruhi jumlah fans terbukti disini. Admin rasa saat itu anggota komunitas IFC meningkat drastis. Admin yakin, mungkin banyak anak-anak IFC skrg yang baru mengidolakan ify sejak IC3 ini. Bener apa gak? hahaha...

Semakin dikenalnya ify lewat FF, kemudian masuknya ify di Super Idola Band dan juga Icil Diva tentu semakin membuat ify banyak di idolakan anak-anak ICL. Tapi, semakin banyak fans, ternyata haters dia mulai bermunculan saat itu dan semakin banyak juga berkembangnya. Yah wajar sih yaa.... Semakin tinggi seseorang, semakin banyak yang pengen jatohin. Tapi anehnya, kenapa baru sekarang itu yah muncul haters? --a Padahal dari dulu aman-aman aja tuh... Apa karena ify banyak dicouple2in dengan para cowo kece di icil? Apa karena gak senang ify semakin eksis? hahaha.. Entahlah. Kalo mrk bencinya cuma karena alasan itu, miris banget yah liatnya :") Kebencian anda sangat tak beralasan sob..

Oke sampai tahun 2010 itu, fans ify emang semakin banyak. Tapi rupanya sebagian anak ICL yang udah lama bergelut di dunia ICL sejak ic1-2 mulai menemukan titik kejenuhan sepertinya. Cukup banyak anak2 ICL angkatan lama yang tak terlihat bergelut lagi di website2 komunitas ICL. Ditambah lagi di tutupnya situs ning.com yang gratisan di akhir thn 2010 itu, membuat semua komunitas ICL yang menggunakan ning.com harus angkat kaki dan menjadi terpencar tak bernaung menjadi satu lagi (kecuali webnya CLuvers yang mau diubah menjadi web berbayar). Dan begitu juga dengan para pengurus IFC yang dulu ada di ning, entah menghilang kemana mereka. Yang jelas, IFC seperti kembali ke masa-masa dulu, hanya ada Ify seorang yang setia ngehandle kemauan fans-fansnya lewat Blog, FP, FB ataupun Twitter. Di twitter ada sih, tapi tetap saja, tak bisa seperti dulu lagi, apalagi mau seperti Fansclub2 lainnya yang punya admin dan bisa terorganisir melakukan kegiatan-kegiatan antar anggota komunitas.

Dan di akhir 2010 sampai awal 2011 itu, munculah beberapa anak IFC yang melihat kondisi ini. Dari mereka-mereka lah kemudian berinisiatif kembali membentuk komunitas IFC yang lebih solid lagi. Mereka-mereka itu adalah admin-admin sekarang. Berawal dari tasya dan eva yang memang cukup akrab dengan ify di twitter minta ijin ke ify untuk membentuk kepengurusan IFC kembali. Dan ify pun setuju dan menunjuk tasya dan eva sebagai crew (admin utama). Sebelumnya tasya sudah berdiskusi dengan admin *yang lagi nulis posting ini -_- hahaha...* yang kebetulan lumayan tau seluk beluk IFC dari tempo dulu. Kami kemudian mencoba mengontak Gina Mercy (admin yang dulu), tapi tak ada tanggapan apa-apa saat itu. Maka, berjalanlah pengurus yang baru tanpa keterlibatan admin lama. Dari crew tasya dan eva inilah kemudian diseleksi admin-admin daerah.

Dengan adanya kepengurusan admin-admin baru ini, maka IFC saat itu seperti berjalan lebih terarah. Hari anniversary IFC sesuai kesepakatan dengan Ify ditentukan di tanggal 14 Maret. Itu adalah hari dimana tepat Ify lolos ke 16 besar IC1 dulu, dan IFC dianggap sudah berumur 3 tahun pada tahun 2011, karena hakikinya IFC (fans Ify) sudah ada sejak tahun 2008 itu.  Kemudian, para admin mulai melakukan kegiatan-kegiatan, mulai dengan adanya memproduksi barang-barang marchendise IFC sampai melakukan kumbar-kumbar sesama IFC di daerah. Untuk menyebar info ify sendiri ke teman-teman IFC, jadi bisa lebih terbantu, termasuk dengan adanya Blog IFC ini.... Semua ada untuk mendukung Ify :)

Dan sekarang, setelah hampir 1 tahun berjalan kepengurusan admin baru ini, dan umur IFC sudah hampir 4 tahun, Ify kini sudah tergabung di BLINK dan sudah punya Blinkstar juga selain IFC, apakah masih bisa aktif kah trs eksis mengurus komunitas ini? Errr...., Alhamdulillah minimal blog ini masih aktif jalan yah -_- hahaha.... Admin tau, tiap orang pasti punya titik jenuh. Tapi selama kita masih punya setitik cinta buat ify, kenapa tidak kita untuk terus bergerak mendukung langkah ify terus? :) Admin harap sih, IFC tetap solid yah. Karena apa? Karena ify itu adalah teman kita, sahabat kita, adik kita, kakak kita, dan dia ada dan akan tetap terus berkarya memberikan cintanya kepada kita semua melewati karya-karyanya, hanya dengan dukungan teman-teman semua....

We're still together.... :)

*NB: sumber cerita by Ghina mercy dan 3am.

2 komentar:

Febri as emoOccii mengatakan...

Nama fp yg lngsng dpegang ify itu apa ya min ??

IFY CLUB mengatakan...

Ify Club. Cari aja di FB yg membernya dan 20 ribu lebih..
Ini linknya >> http://www.facebook.com/pages/IFy-Club/76002567193